Wisata Pesantren Lae Toras, Tarabintang, Dapat Bonus Air Terjun dan Legenda Ulok Batu

lokasi legenda ulok batu (sumber)
TARABINTANG ONLINE -- Bagi wisatawan yang sedang menjelajah indahnya alam Tarabintang, singgah di Pesantren Al Kautsar Al Akbar, cabang Lae Toras, menjadi sebuah keharusan. (baca)

Pesantren ini merupakan satu-satunya di Humbang Hasundutan, walau secara umum banyak pendidikan mirip pesantren yang sudah terlebih dahulu berdiri.

Setiiap masjid di desa-desa Humbang Hasundutan memiliki ruang kelas yang pada awalnya difungsikan menjadi Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) atau disebut juga Madin alias madrasah diniyah.

MDA ini berafiliasi dengan Muhammadiyah, NU, Al Washliyah dll atau mandiri atas inisiatif warga.

Lemahnya kaderisasi dan meninggalnya tokoh membuat lembaga-lembaga tersebut banyak yang tutup atau hanya beroperasi dengan kegiatan yang minim.

Faktor lainnya juga berpengaruh, seperti keluarga-keluarga pengasuh Madin banyak yang sukses di perantauan sehingga tidak ada yang konsen menanganinya.

Revitasliasi madin-madin tersebut akan menjadi sangat urgen untuk kesinambungan dakwah kepada masyarakat.

Tujuan Wisata

Setelah puas menikmati Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Lae Toras, anda bisa berwisata sungai dengan air terjun yang indah.

Di Tarabintang ada dua air terjun yang baru diketahui seperti Air Terjun Sibokkik atau Sappuran Sibokkik. Lihat lokasinya di sini. Ada lagi Air Terjun Simursa, legenda Ulok Batu dll.

Sementara itu di desa Sitanduk, Tarabintang ada Air Terjun Sicember-cember dan Namo Arisan.





Wisata Pesantren Lae Toras, Tarabintang, Dapat Bonus Air Terjun dan Legenda Ulok Batu Wisata Pesantren Lae Toras, Tarabintang, Dapat Bonus Air Terjun dan Legenda Ulok Batu Reviewed by peace on 2:27 AM Rating: 5

carousel