Kemiripan Bendera Gayo dan Sisingamangaraja

Bendera Linge versi Ibnu Hasyim (kiri) dan Bendera Perang Sisingamangaraja XII (kanan) (sumber)


Salah seorang akademisi di Gayo Kabupaten Aceh Tengah, Dr. Al Misry, MA menyatakan apresiasi digagasnya Napak Tilas Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII hingga ke Gayo. Selain itu, di menegaskan jika SSM-XII itu beragama Islam. Pernyataan itu diungkapkan saat bertemu sesaat dengan pengurus Forum Sisingamangaraja XII di Pegasing Aceh Tengah, Sabtu 24 Mei 2014.

Kubah masjid di Negeri Sembilan dengan dua pedang mirip dengan yang ada di lambang panji SSM XII.

“Sisingamangaraja XII sudah beragama Islam saat di Gayo,” kata Al Misry kepada Wilson Selain, Jimmy Siahaan dan Madison Situmorang serta pendamping mereka.

Dihadapan ketiganya, Al Misry mengatakan SSM-XII pernah dihadiahi 2 buah rencong Aceh yang kemudian kedua rencong itu menjadi lambang Sisingamangaraja.

“Coba perhatikan dua rencong Aceh ini, jika digabungkan keduanya menjadi lambang Sisingamangaraja kan,” katanya sambil melukiskan kesebuah kertas dua buah rencong kemudian keduanya digabungkan dan menjadi lambang Sisingamangaraja.

Sumber
Kemiripan Bendera Gayo dan Sisingamangaraja Kemiripan Bendera Gayo dan Sisingamangaraja Reviewed by peace on 7:15 AM Rating: 5

carousel