100 Intelektual Dunia, Atau Hanya Pamer Traffic

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan masuk ke dalam daftar 100 Tokoh Intelektual Dunia. Dia menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang bersanding bersama Yusuf Qardhawi, Al Gore, dan Muhammad Yunus.

Daftar ini dirilis majalah Foreign Policy terbitan Carnegie Endowment for International Peace yang berpusat di Washington, AS. "Dikatakan bahwa Rektor Universitas Paramadina itu berperan penting dalam gerakan mahasiswa," kata Humas Universitas Paramadina Zihan Marina dalam rilis yang diterima Selasa (22/4).

Nama Anies bertengger bersama Noam Chomsky, Francis Fukuyama, Samuel Huntington. "Mereka adalah para sarjana dan filosof serta pemikir kelas dunia yang paling instrospektif," kata Zihan mengutip majalah itu.

Dalam daftar itu ada juga pecatur Rusia Garry Kasparov, mantan PM Singapura Lee Kuan Yew dan Salman Rusdhie. Foreign Policy menilai jasa mereka dalam pencerahan ilmu pengetahuan atau memperjuangkan HAM.

"Mereka adalah para pemikir yang mempertajam kualitas zaman kita ini," kata Zihan lagi mengutip Foreign Policy.

Anies termasuk jajaran rektor paling muda. Pengamat politik kelahiran 7 Mei 1969 ini akan divoting secara online untuk menentukan posisi mereka dari 100 tokoh tersebut.
100 Intelektual Dunia, Atau Hanya Pamer Traffic 100 Intelektual Dunia, Atau Hanya Pamer Traffic Reviewed by peace on 9:51 AM Rating: 5

carousel